Menariknya 10 fakta unik parfum ini

Menariknya 10 fakta unik parfum ini


Via.pixabay

wangi banget neng, mau kemana...?

Kencan dong….

Ceilah, tapi nggak perlu alasan kencan kalau mau wangi. Kita semua pasti suka banget sama sesuatu yang wangi, makannya parfum laris manis, makanya kalau ada bau kecut dikit aja...

Woe, loe belom mandi ya...๐Ÿ˜ 
Udah, kemaren tapi....๐Ÿ˜

Parfum juga sudah jadi semacam kebutuhan wajib kalau mau bepergian, kayaknya nggak afdol kalau pergi ke luar nggak semprot-sempot parfum dulu, berasa nggak pede kalau sampai kelupaan, berasa separuh jiwaku ketinggalan.

Alah, lebay

Saya ini tipe orang yang suka beli parfum yang macem-macem, tapi paling bingung kalau suruh milih bau mana yang paling enak, jadi seringnya asal ambil aja he…he…๐Ÿ˜

Yang penting mah wangi.
Anehnya…

Udah wangi, belom ada yang ngajak kencan. (tragis๐Ÿ˜ž)

Apa jangan-jangan karena parfumnya diskonan ya….๐Ÿ˜ฑ

Lupakan yang nggak penting, karena lebih bermanfaat baca yang dibawah ini
Cuss…

1. SEJARAH PANJANG

Via.pixabay

Mesir adalah negara pertama dimana sejarah parfum dimulai. Berasal dari 2000 tahun silam sebelum masehi, parfum pertama kali diracik oleh seorang wanita  bernama Tapputi. Masih dengan bahan yang sederhana Taputti menggunakan, mur, minyak, dan bunga. kala itu parfum dikenal dengan nama “per fumus” yang artinya “melalui asap”, hal ini karena pada masa itu parfum dibuat dalam bentuk dupa atau herbal aromatik untuk persembahan kepada dewa ra, sang dewa matahari, juga untuk ritual keagamaan. Masyarakat disana bahkan mempunyai dewa parfum, yaitu dewa nefertum.

4000 tahun kemudian parfum kembali diracik oleh seorang pria bernama David pybus yang menggunakan campuran resin, jeruk, rempah-rempah, madu dan kayu dalam racikan parfumnya yang dikenal dengan “ankh”

Wah… udah lama bener ya ternyata, kakeknya kakek kakek buyutnya saya aja pasti belom lahir๐Ÿค”

2. BERUBAH AROMANYA

Via.pixabay

pernah nggak sih punya pengalaman gini, udah beli parfum dengan merek dan aroma yang sama kayak temen, tapi pas dipake kok aromanya beda, kayak bau-bau menyan gitu, jangan-jangan KW nih, wah ketipu gua, mana mahal lagi…

Balikin aja deh ke tokonya

Eits… jangan bikin malu diri sendiri, bukan tokonya yang salah tapi emang kitanya.

Parfum bisa memiliki aroma yang berbeda setelah dipakai seseorang, bisa aja enggak sama, hal ini karena parfum telah bercampur dengan reaksi kimia tubuh dan keringat kita, yang mana tiap orang beda-beda.  pola makan, diet, dan gaya hidup juga bisa mempengaruhi aroma parfum.

Instropeksi diri aja bro...๐Ÿ˜Œ

Tapi kalau baunya jadi kayak menyan… bisa jadi… kamu ditempelin sama…neng unti atau kamu emang suka  nyemil menyan๐Ÿ˜ณ

Baca juga : 14 fakta unik kopi yang harus sobat tahu

Baca juga : 10 fakta unik si panas api

3. PARFUM MODERN PERTAMA

Via.pixabay

hungaria air adalah parfum khusus yang diracik untuk ratu Elizabeth pada tahun 1370. Parfum ini begitu terkenal pada masa itu karena terdiri dari campuran aroma rosemary, thyme, rose, mint, dan verbena essence. Dijamin wangi banget…

Menandai era baru dalam pembuatan parfum di Eropa, hungaria air memasukan alkohol untuk membuat aromanya lebih kuat. Kepopuleran parfum ini terus bertahan sampai kematian ratu Elizabeth, bahkan hingga sekarang Crabtree & Evelyn masih memproduksi hungaria air ini, tentu saja dengan aroma yang baru dan lebih modern.

Ada yang punya hungaria air nggak?
Nanya doang kok, kali aja bisa minta satu botol, eh, satu semprotan…
(modus)๐Ÿ˜

4. PAKE MOISTURIZER DULU


Via.pixabay

Ada sebuah tips yang bilang jika pemakain moisturizer sebelum menyemprotkan parfum bisa membuat aroma wanginya bertahan lebih lama. Ini karena kulit yang lembab bisa menyerap keharuman parfum dibandingkan kulit yang kering.

5. TIPS AWET WANGI

Via.pixabay

Selain tips di atas, ada lagi tips yang lain. Menyemprotkan parfum di sekitar nadi, leher, belakang telinga, siku dan juga di bagian otot bisep bisa banget membuat aroma parfum sobat semua jadi tahan lama, why…
Because…. Area-area tersebut menghasilkan panas yang lebih banyak sehingga bisa membuat aroma parfum jadi tahan lama dan lebih wangi.
You can try it sob...๐Ÿ˜‰

Sok bule sekali-kali.
Bulepotan, bule lastri, bule ijah, bule kah aku mencintaimu....๐Ÿ™Š

Eh, ada satu yang nggak boleh dilakukan, jangan semprotkan parfum ke rambut ya, karena kandungan alkohol pada parfum bisa membuat rambut kering,

apalagi disemprot ke mata, ckckck… gila itu mah….mata orang lain lagi….

6. JANGAN DIGOSOK

beberapa orang pasti punya kebiasaan menggosok parfum setelah menyemprotkannya ke tangan, niatnya biar tambah meresap ke kulit, padahal…
Jeng… jeng…..
Kebiasaan tersebut justru nggak disarankan, soalnya malah bikin komposisi parfumnya rusak. Jadi disemprotkan aja, udah cukup nggak usah digosok-gosok segala, emang kupon undian digosok.

Baca juga : Inilah 17 fakta unik seputar uang

Baca juga : Ini dia 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

7. OBATNYA BADMOOD

Via.pixabay

Badmood, wah… kebiasaan saya nih, dikit-dikit badmood, dikit-dikit laper, dikit-dikit ngantuk, semuanya serba dikit-dikit (hemat bener๐Ÿ™„…)

Bau parfum bisa jadi penyelamat kalau badmood sedang menyerang, aroma parfum yang menenangkan seperti aroma lavender bisa jadi terapi untuk sobat yang lagi sarap.

Eh...

Stress maksudnya he…he… kidding✌

8.  BIKIN HIDUNG EROR

Via.pixabay

Woa... Hidung helli mengaggetkanku...๐Ÿ˜ฑ

hidung juga bisa mengalami kebingungan lho, misalnya kalau kita lagi beli parfum, pasti hidung bekerja keras buat milih parfum dengan aroma terbaik. Tapi lama-lama baunya kok jadi sama, atau malah jadi aneh, jadi nggak berbau, jadi bau kecut, eh sendirinya belom mandi ternyata

ehem…ehemmm tandanya sobat harus mengistirahatkan hidung untuk sejenak.
Eh, bukan nggak nafas.

Mati dong....

Cara mengatasinya bisa dengan cara menarik nafas dalam-dalam lalu mengusapnya dengan sapu tangan atau lengan baju, atau bisa juga dengan menghirup aroma biji kopi, biasanya di toko parfum disediakan. (Katanya....)

Emmm, saya belum pernah lihat sih, orang beli parfumnya di minimarket.

9.PARFUM KOPI INDONESIA

Via.pixabay

kita harus banget bangga dengan pemuda asal Banda aceh bernama Daudy sukma dan rekan-rekannya. Kenapa? Karena mereka telah menciptakan parfum dengan aroma kopi asal Indonesia. Parfum yang diberi nama “minyeuk pret” atau minyak yang disemprot ini sampai go internasional lho. Kesuksesan parfum ini sudah sampai Arab, Amerika, Malaysia, Taiwan, Inggris, Thailand, India, Bangladesh, Dubai dan negara lainnya, wooow keren nggak tuh….

Baca juga : Si tikus dan 13 fakta uniknya

10. GILA, MAHAL BANGET

Via.pixabay

yang banyak uangnya, yang paling mahal nggak ketinggalan nih…..๐Ÿค‘


DKNY golden delicious bekerja sama dengan pembuat perhiasan terkenal Martin karz untuk membuat parfum dengan harga warbyasah dan mewah naudzubilah. Parfum yang dirilis pada tahun 2011 lalu ini memiliki harga 13,2 triliun…


Nganga dulu…๐Ÿ™€

Pasti sudah bisa ditebak kenapa harganya bisa semahal itu, nggak jauh-jauh dari emas dan permata. Botol parfum golden delicious ini dibalut dengan 14 karat emas putih dan kuning, 183 batu sapphire, 2.700 berlian, 1,6 karat batu paraiba tourmaline, dan banyakk lainnya yang bikin nganga makin lebar….

Wajar lah kalu mahal begitu.
Secara, macam-macam batu ditempelin di botolnya, batu kali nggak masuk ya.
Jadi ada yang mau beli? In saya nggak….?
๐Ÿ˜œ

Yeye, kelar juga, liburan ada berkahnya juga, saya jadi bisa bikin artikel lebih cepet dari biasanya (padahal lama juga sih…) yah walaupun libur kerja jadi nggak punya uang, jadi nggak beli jajan, hemat paketan, tapi nggak hemat makan, kan masih ada emak and bapak tersayang.

Sebagai hasil dari liburan ini pun saya juga jadi pemalas akut, yang suka tiduran aja di kamar, kalau nggak gitu ya ketiduran (sama aja) tapi alhamdiulilah masih mandi kok, (walaupun kadang Cuma sekali sehari) itung-itung represing sebelum lemburan menghajar๐Ÿ‘Š

meski begitu 2019 harus bisa lebih baik dari tahun lalu, udah makin tua jangan sampai makin buruk dalam segala hal, jangan juga cepet keriput, karena jodohku belum menjemput๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Semangat…..
And...
See you....

Comments

  1. wah parfum hebat amat ya
    harganya bisa mencapai miliaran rupiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya bisa bikin mata melotot, geleng-geleng kepala, berkali-kali bilang "seriusan...?"

      Delete
  2. waduh aku baca postinganya sambil cengar cengir lucu banget ni kayak orangnya wkw :D,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk... Syukur kalau bisa menghibur orang juga, lumayan kan dapat pahala.
      He..he..๐Ÿ˜

      Delete
  3. panjang cerita kali leabar ya, parfum itu. aku suka yang olesmbak. Salam kenal hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya parfum apa aja suka mas. Mau semprot mau oles, yang penting baunya.
      Salam kenal juga...๐Ÿ˜Š

      Delete
  4. Itu yang parfumnya harganya 13 triliun gila aja,,,,saya beli yang harga 20rebuan aja kadang kalo habis masih ditambah air biar bisa dipake lagi wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha... Mode hemat dan praktis. Parfum habis tinggal isi ulang sendiri ya.๐Ÿ˜

      Delete
  5. aku gak suka-suka banget sama parfum. kadang ada yang parfumnya menurutku bau tape
    hahaha
    ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau parfum sekarang emang macem-macem mbak, bahkan ada beneran lho yang baunya kayak menyan, bukannya bikin seneng malah jadinya syeremmm...

      Delete
  6. Wow itu ada yang harganya mahal banget ya, buat beli rumah dll juga bisa..hehe
    Aku sendiri gak begitu matok parfum apa sih, kalau sekirangaya enak baunya ya d.ambil..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kita sepemikiran mas, buat beli rumah aja lebih berfaedah ya...๐Ÿ˜
      Saya pun kalau beli parfum suka ngawur, kadang cari yang lagi diskon. Wkwk...

      Delete
    2. Apalagi diskon, sikat langsung..wkwk
      Diskon memang menggoda, terlebih pas awal bulan :D

      Delete
  7. Baca ini jadi keinget aroma dupa..hihi..makasih mbak informasinya, jadi tahu sejarah pembuatan parfum deh..Paling sy beli parfum 15 ribuan yang punya anak-anak sekalian berdua pakenya..haha, hemat mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu mahal-mahal ya mbak, yang penting wangi. Apalagi kalau dipake sekeluarga jadi wangi dan spesial karena aromanya bikin inget anak-anak terus

      Delete
  8. Wwwwkkk ..., kok ada bule Ijah dan bule Lastri segala ya ๐Ÿ˜‚
    Salam kenal buat para bule itu, yaaa ...


    Kalo aku pake parfum sukanya aroma kayu, bukan kayu putih loh yaa .. hahaha ..
    Tapi kayu-kayuan gitu, lebih fresh aja kerasanya.

    Sesekali biar unik malah kupakai 2 aroma parfum berbeda.
    Di belakang telinga kupakai aroma cokelat, di belakang telinga satunya pakai aroma strowberry.
    Cokelat StrowBerry doooong jadinya kalo gitu yaaaa ...
    Ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. Tahu tuh mas, bule ijah dan bule lastri lagi pengen di sensus.
      Pakai parfum dengan aroma yang beda coklat dan strowberi udah kayak es krim aja ya....

      Delete
    2. Hahahaha ...
      Parfum es krim namanya.
      Bikin orang sekitar yang nyium aromanya jadi lapeeer ๐Ÿ˜…

      Delete
  9. Wahaha ini nih, parfum yang kadang baunya bisa berubah-ubah gitu, keren sih wkwkw. Pun juga ada parfum yang mahalnya gila-gilaan wkwk ga ngerti lagiiii duuuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata dunia keparfuman banyak keterjutannya...
      Wkwk...
      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  10. Dari pos ini, saya jadi tahu sejarah pembuatan parfum, jadi ingat juga sebuah filem yang saya lupa judulnya hahaha. Parfum juga katanya harus dipilih yang 'sesuai' dengan 'keringat' agar tidak 'bentrok' katanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalau bentrok bahaya, nggak ada polisinya๐Ÿ˜‚

      peperangan antara keringat tubuh dan bau parfum karena perbedaan pendapat,

      Nanti niatnya wangi malah jadi aneh.

      Delete
  11. Aroma parfum berbeda tiap orang. Duh, jadi ingat novel mbak Dee, Aroma Karsa. Bagaimana Jati membuat aroma parfum sesuai dengan tubuh pemilik aromanya...
    Kira-kira mbaknya punya parfum yang mana nih, boleh dong numpang disemprot, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mah orangnya parfum apa aja suka, yang penting wangi, dan lagi sedang di diskon.
      Wkwk...๐Ÿ˜‚
      Waduh, numpang disemprot juga...
      Nih mbak, saya semprot via online aja
      Eh, kagak nyampe ternyata.

      Delete
  12. setiap kita pasti memiliki kesukaan parfum yang berbeda beda, walau yang berkelas pasti ada wanginya yang sama dengan yang harga 10 ribuan.:D

    ReplyDelete
  13. aku suka banget sama parfum. itu yang terakhir kayaknya bukan cuma beli parfumnya deh tapi lebih ke beli botolnya hahaha..

    ReplyDelete
  14. Itu yang Minyeuk Pret dari Aceh, pernah ngadain lomba blog juga lho. Saya ikutan, tapi kalah *Nggak penting banget ini, sumpah XD

    Setuju, misal kita udah siap pergi atau keluar rumah tapi lupa pakai parfum berasa ada yang kurang gitu. Nggak pede misal ketemu sama orang lain. Takut orang yg kita temui itu mencium aroma-aroma yang kurang sedap dari tubuh kita. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, seriusan pernah ikut lomba blog dari minyeuk pret, wah... Keren banget mas๐Ÿ˜ฒ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Kalau lupa nggak pake parfum itu jadi merasa lupa belom mandi ya...
      Wkwk...

      Delete
  15. mantul tuh yang parfum kopi dari Indonesia, nah yang parfum harganya trilliunan bisa mengharumkan nama bangsa kali yak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nggak cuman bimin badan harum tapi juga bikin negeru harum.
      Amien ya Allah....

      Delete
  16. Mahal amat ya Allah :(

    Kalau bahan botolnya kaya gitu, okelah ga heran. Cuma di parfumnya sendiri nih terbuat dari apa coba sampe segitunya hehe.

    Tapi ga masalah sih, soal selera. Yang kemampuan (dan sukanya) parfum BnB Kids (kaya saya) ya belinya cukup rogoh kocek ga sampai tiga puluh ribu xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahalan botolnya dari isinya mukin, tapi memang selera orang beda-beda ya. Bisa jadi dengan beli barang mahal jadi merasa bangga,

      BnB kids, baunya enak lho, murah lagi....

      Delete
  17. Jadi penasaran sama Parfum Kopi Indonesia, pasti wanginya lain daripada yang lain ya, Mbak. Saya sendiri nggak pernah pakai parfum karena justru pusing kepala, hehe. Pernah juga dulu naik bis umum, banyak bau parfum berseliweran malah bikin mual, hehe. Salah satu fungsi parfum mungkin untuk meningkatkan rasa percaya diri ya, karena wangi :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau parfum kalau di bis atau angkot atau keramaian udah nggak kayak parfum mbak, malah jadinya kayak racun, bikin pusing dan mual.

      Delete
  18. ngomong-ngomong tentang parfum, aku agak peka terhadap bau sih. Kewangian mumet, bau apalagi tambah mumet aku. Tapi tetap punya parfum andalan dong. Jadi pernah kejadian nih, jalan ama teman terus dia ganti parfum dan bisa di tebak sepanjang jalan aku ngerasa gak nyaman dan bilang balik gih ke parfum yang lama. hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang emang ada bau parfum yang bikin kepala malah puyeng.
      Kalau mbak icha mukin hidungnya emang lebih sensi, (bau parfum jadi kayak gas beracun) nggak papalah asal bukan hatinya yang sensian
      Wkwk...
      Peace✌

      Delete
  19. Ternyata parfum baunya bisa beda ya mbak tergantung siapa yg pakai. Kirain sama aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, apalagi kalau pakainya pas keringetan. Hih... Nggak terbayang...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi