10 fakta unik sejarah lampu lalu lintas

10 fakta unik sejarah lampu lalu lintas


Via.pixabay

Tiap hari berangkat pulang kerja saya pasti selalu dicegat sama lampu merah ini, kadang-kadang kesel juga karena lampu merah nyalanya lebih lama dari lampu ijo, iya nggak...

Mana buru-buru lagi, perut udah laper, badan udah gerah, kebelet pipis lagi, di tambah sepanjang perjalanan hidung saya disuguhi macam-macam aroma makanan, soto, bubur,bakso, mi ayam, makin meraja lelalah cacing-cacing di perut saya.

Tapi…
Lampu yang satu ini spesial banget karena kalau nggak ada dia bisa semrawut itu jalan raya, wong ada lampu merah aja masih pada suka ngelanggar kok apalagi kalau nggak ada…
Iya nggaak….

Apalagi di zaman yang serba cepet ini, yang apa-apa inginnya di dahulukan, yang egois, yang suka ngatur..
Eh, lhadala.... Malah curhat.
(Bukan saya tapi๐Ÿ˜)


Jadi supaya lebih tertib dalam berlalu lintas ada baikknya kita semua tahu betapa panjang dan berlikunya sejarah traffic light ini, so mari belajar dari sini….
Mue… he…he..

1. JANGAN LUPA SEJARAHNYA

Via.pixabay

Pasti pada inget sama istilah jas merah kan "jangan sekali-kali melupakan sejarah"

Nah, lampu lalu lintas juga punya sejarah unik yang panjang. Dimulai pada 1868 bulan desember tanggal 6 (kebalik urutannya...๐Ÿ˜) lampu lalu lintas manual pertama digunakan untuk mengatur lalu lintas di great george street, bridge street, dan parliament street.

Pada waktu itu area di sekitar jembatan westminster sangat ramai, ada banyak kendaraan berkuda dan para pejalan kaki yang ingin lewat, maka dibuatlah sistem lalu lintas sederhana yang dibuat dengan sistem sama seperti signal kereta api, sistem ini diusulkan oleh seorang manager kereta api bernama John peake knight.

Lampunya pun hanya ada merah dan hijau juga tambahan semaphore. Lampu lalu lintas tersebut dipasang pada sebuah tiang yang dikendalikan secara manual oleh bapak polisi. Sayangnya lampu lalu lintas tersebut meledak pada tahun 1869 dan melukai seorang polisi yang tengah bertugas.

(Mari bersama baca al fatihah buat bapak polisi tersebut)

2.  MERAH, KUNING, HIJAU

Via.pixabay

Merah kuning hijau di langit yang biru pelukismu agung....
Eh, kebablasan....

Kenapa sih lampu lalu lintas warnanya merah, kuning dan hijau, kenapa nggak pink, ungu, sama biru aja, kan unyu-unyu.
(Lampu disko kali...)
Tambahin musik jaran goyang sekalian.
(Yang ada pada joged semua)

Ternyata ada makna dibalik warna tersebut.

Merah, warna merah diyakini memiliki gelombang cahaya yang lebih panjang dari warna lainnya jadi akan lebih kelihatan jika dari kejauhan. Namun ada juga kisah yang menyebutkan bahwa pada zaman dulu terjadi banyak sekali peperangan dan pertumpahan darah, lalu sekelompok orang mulai menentang hal tersebut dan menggunakan warna merah sebagai lambang untuk berhenti melakukan pertumpahan darah, jadi merah, stop/berhenti๐Ÿ–

Kuning, dianggap sebagai warna api. Dimana kita harus selalu berhati-hati jika ada api, juga dilambangkan sebagai daun. warna daun yang sudah tua alias masa peralihan. Kuning ini berarti hati-hati dan waspada.

Hijau. Warna yang menenangkan bukan,warna yang melambangkan alam dan kebebasan.

Warna faforit saya juga selain pink, merah, coklat, abu-abu, ungu...
(Yang namanya faforit, perasaan cuma 1๐Ÿ™„)

3. SEMPAT PAKAI "STOP" AND "GO"

Via.pixabay

Sejarah lampu lalu lintas terus berkembang. Pada tahun 1908  di ohio, Amerika serikat lampu lalu lintas mendapat tambahan tulisan "stop" and "go".
Tahu artinya kan, pelajaran kelas satu SD ini.
Lampu lalu lintas ini masih diatur secara manual juga oleh petugas polisi, petugas akan meniup peluit sebelum mengganti signal stop atau go. Selain di ohio sistem lalu lintas ini juga pernah digunakan di philadelphia dan detroit.

Stop and go, kok berasa nyelekit ya. Bayangkan jika dia yang kamu sayang tiba-tiba marah terus bilang " udah ah, mending kamu stop trus go aja...."

๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ nangis guling-guling di kandang.
Eh kok kandang.

Kandang saya emang eror.

Baca juga : Sepatu punya 16 fakta unik ini lho

Baca juga : 14 fakta unik warna ini pasti bikin kamu penasaran

4. TRAFFIC LIGHT LISTRIK

Via.pexels

5 agustus 1914 merupakan hari yang bersejarah karena pada hari itu the american traffic signal company mulai merancang lampu lalu lintas listrik di ohio setelah 2 tahun sebelumnya pada 1912 seorang polisi bernama lester wire juga mengembangkan sistem listrik ini.

Desain yang dirancang oleh james hoge tersebut terdiri dari warna merah dan hijau saja dan tambahan sebuah buzzer.
Tak hanya pihak kepolisian pihak pemadam kebakaran pun juga punya hak mengatur signal lalu lintas jika ada kondisi darurat

5. HADIRNYA SI KUNING

Via.pixabay

Akhirnya 6 tahun setelah lampu lalu lintas listrik mulai dipergunakan, pada tahun 1920 warna kuning menjadi tambahan wajib pada signal traffic light.
Warna kuning ini merupakan hasil ide William potts yang juga seorang polisi. Penemuan tersebut kemudian dipatenkan oleh Garett morgan pada tahun 1923 dan dijual kepada General electric.

Penambahan warna kuning ini bertujuan untuk memberikan jeda saat pergantian lampu dari merah ke hijau atau sebaliknya, karena pada zaman dahulu kala... (Lebay..)
Sebelum ada lampu kuning polisi harus meniup peluit sehingga jalan raya jadi sangat berisik.

juga supaya para pengendara tidak kaget saat lampu mendadak berubah.

6. FUNGSINYA TIMER

Via.pixabay

Ada beberapa lampu lalu lintas yang kadang disertai dengan timer juga. Ternyata fungsi pertama timer ini sebenarnya nggak diperuntukan untuk para pengendara lho sob. Tapi untuk para pejalan kaki yang mau menyebrang. Timer ini pertama kali digunakan di hamton, virginia, amerika serikat pada tahun 1996. Masih tergolong baru ya....
Tapi meski begitu masih banyak juga pengendara yang suka melanggar timer ini, di Amerika sono noh pelanggaran semacam ini menyebabkan kerugian yang sangat besar, mencapai 14 miliar dolar.

Tuh, yang suka asal terobos, bikin rugi tahu...๐Ÿ‘†

7. TRAFFIC LIGHT UNIK

Via.pixabay

Jika kita tahunya warna lampu lalu lintas itu hanya merah, kuning, dan hijau dengan bentuk bulat-bulat tapi nggak digoreng dadakan ya....
Di beberapa negara di dunia traffic light memiliki bentuk yang antimainstream.

Seperti, traffic light di kota prague yang warna merah, kuning dan hijaunya diganti dengan bentuk orang sedang BAB, pipis, makan, tidur,dll.
Atau di bruxxeles yang warna merahnya berbentuk hati untuk melambangkan kasih sayang dan cinta pada hari valentine. (So sweet...)
Juga di berlin yang bentuknya berupa orang-orangan sawah atau zombie.

Saya masih berharap lampunya diganti ungu, pink, sama biru....
Wkwk...

Baca juga : 8 fakta unik bolpoin yang harus banget kamu tahu

Baca juga : 15 fakta unik dan manfaat si sambal

8. YANG PALING TUA

Via.pexels

Yang diatas just ilustrasi ya sob....๐Ÿ˜

Lampu lalu lintas tertua di dunia diklaim berada di ohio, Amerika serikat. Lampu lalu lintas tersebut diperkirakan sudah ada sejak tahun 1932 dan masih beroperasi sampai sekarang. Berarti umurnya...
Hampir 90 tahun ya....
Berada disana bisa membawa kita pada suasana zaman dulu, selain itu bentuknya yang seperti roket juga unik dan lucu.

9. TRAFFIC LIGHT TREE

Ditemukannya lampu lalu lintas dan perkembangannya yang sangat penting memicu seorang seniman membuat sebuah traffic light dengan bentuk unik seperti pohon.

Seniman hebat itu bernama piere vivant asal perancis, ia membuat lampu lalu lintas sebanyak 75 set yang dibangun di canary wharf, london, inggris pada tahun 1998.  Awalnya para pengendara dan masyarakat yang melihat traffic light itu pada bingung lho, karena bentuknya yang malah bikin pusing kepala barbie, mereka mengira itu traffic light sungguhan.

Keunikan dan kerumitan lampu lalu lintas tersebut pun membuat banyak wisatawan tertarik untuk melihatnya.

Baca juga : Uniknya 12 fakta bintang laut ini


10. BEDA URUTAN

Via.pixabay

Udah tahu belom...
Kalau penempatan lampu pada traffic light di tiap negara itu beda-beda tergantung siatem berkendaranya.
Jika di indonesia bentuknya vertikal dengan urutan merah, kuning, dan hijau.

Beda lagi jika diletakan secara horizontal.
Pada negara dengan sistem berkendara di kiri, maka urutannya hijau, kuning ,dan merah, sebaliknya jika di kanan, merah, kuning dan, hijau.

Di langit yang biru pelukismu agung, siapa gera...
Eits... Mulai lagi.

Yah,  memang seoanjang itu sejarah lampu lalu lintas, tapi manffatnya luat bisa buat kehiduoan kita. Hal sepele yang kalau sampai hilang atau nggak pernah dibuat bisa bikin repot penduduk bumi.
Iya nggak...
(Kayaknya udah 3 kali bilang iya nggak...)

Iya nggak... (4 kali.)

See you....

Comments

  1. Kiranya ceritanya panjang sebelum menjadi komplit spt sekarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, ada sejarahnya juga, nggak langsung bim salabim langsung jadi.

      Delete
  2. seiring berkembangnya waktu dan zaman, manusia terus berpikir biar bisa mempermudah kehidupannya yah, dari stop hingga lampu lampu yg unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin maju zaman, makin maju pula pikiran orang, banyak ide dan hal-hal krearif yang mulai diwujudkan.

      Delete
  3. Lampu lalu lintas ini sangat penting kita ketahui dari masing - masing warnanya

    Merah artinya : dilarang mencubit si Admin...
    kuning artinya : Awas...dik Admin sudah ada yang punya, jangan di goda!
    Hijau artinya : jika kamu hendak sunguh-sungguh melamar dik Admin, silahkan datang dan bertemu sama orang tuanya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk... Tahu aja nih mas, perumpamaanya sungguh luar biasa๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, bikin perut si admin langsung ketawa sendiri.
      Eh๐Ÿ™„
      Sakit karena ketawa maksudnya๐Ÿ˜‚

      Delete
  4. HAhah seru banget bacanya. Berasa belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan. Tapi dosen saya pernah nanya “lampu lalu lintas itu kalau meah artinya apa?” Sekelas menjawab : “berhenti”. “Kalau hijau?” “Jalan teruuus” “kalau kuning?” “Hati-hati”. Terus beliau bilang : “bukan. Kuning artinya ngebut, kan kalian sering begitu?” Sekelas ketawa malu-malu.

    Saya follow ya blognya. Jika berkenan boleh follow balik ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha... Dosennya paham betul anak sekarang ya mbak, tahu aja kalau kuning udah beda artinya๐Ÿ˜‚
      Makasih udah berkunjung, saya foll back beneran nih...๐Ÿ˜Š

      Delete
  5. Di Indonesia pengendaranya kayak banteng. Makin merah makin kencang kendaraannya.

    Nice info mba.. kok bisa yah pada awal mulanya lampu lalu lintas bisa meledak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, bener mas, orang masih kuning aja langsung ngegas lho....
      Wkwkwk...๐Ÿ˜‚
      Karena dulunya menggunakan bantuan gas dan juga ada kelalaian mukin mas, makannya bisa meledak.

      Delete
    2. ow gitu... klo sekarang paling korslet aja klo ada masalah yah

      Delete
  6. hahahah..saya baru tahu kalau Lampu merah ternyata ada sejarah dan artinya, kirain penempatan warnanya asal2an saja. :) ternyata perihal lampu merah sudah lahir ditahun 1868 yach... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejarahnya panjang juga ternyata, saya juga baru paham he..he...
      Memang belajar sejarah itu penuh kata "ternyata..."
      Iya nggak๐Ÿ˜

      Delete
  7. ternyata lampu stopan ini sejarahnya begitu ya. ga pernah kepikiran saya ada yang menuliskannya kaya begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa ya mas, sampai ada korban nyawa segala....
      Untung sekarang udah lebih bagus

      Delete
  8. Paling senang kalau ke sini, jadi tahu sejarah akan sesuatu misalnya sejarah es krim, sejarah payung, terus yang ini tentang lampu lalu lintas. Untung ya ada si kuning #eh :D wkwkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng juga kalau mbak tuteh datang ke sini, berasa makin rame gitu๐Ÿ˜
      Iya untung ada si kuning kuning....
      Lampu kuning itu maksudnya.

      Delete
  9. Merah berarti berhenti, kuning berarti siap-siap dan kalau hijau saatnya ngebut dan gasspolll...

    itu sih biasanya kalau di jalan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, tapi kadang nggak perlu nungguin ijo. Masih kuning aja, yang paling depan pada langsung stater duluan dan yang belakang pun pada ngikut.
      Hadeh....

      Delete
  10. fenomenanya sekarang karena ada lampu merah malah tambah macet. belum lagi sekarang lampu merah lamaan merahnya daripada hijaunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tuh yang nyebelin lampu merahnya lama banget, giliran lampu ijonya cepet banget.
      Kan bikin esmosi ya...๐Ÿ˜ค

      Delete
  11. Hihihi sukak sama tulisannya ^_^
    dapat tambahan informasi dan dapat hiburan lewat tulisan.. sy senyum senyum sendiri saat baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng juga baca komennya๐Ÿ˜Š, bisa kasih ilmu dan menghibur itu rasanya seneng banget.

      Delete
  12. Aku baru tahu ini. Penting banget keberadaan lampu merah ini. Kalaupun lagi mati listrik di lokasi, lalu lintas ikut kacau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi inget kejadian lampu merah mati pas berangkat kerja. Ya ampun jalanan jadi macet banget, mau nyebrang radanya dag dig dug karena nggak ada yang mau ngalah...

      Delete
  13. Ntar kalau pas saya di depan lampu merah, kayaknya bakal inget deh sejarah ini hehe... Itu sampai ada yang dipatenkan juga ya ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget-inget yang bikin inget juga ya mbk, biar sering-sering mampir sini.
      He..he...๐Ÿ˜

      Delete
  14. Hahaha
    kalo belajar sejarahnya macam ini rasanya nyesel dulu masuk jurusan ipa waktu SMA mbak. Haha

    Jadi nambah ilmu banget nih.
    Apa ilmunya. "Stop and go... "��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbk anggun anak ipa, pinter banget donk.

      Ilmu yang paling berkesan "stop and go" ya.๐Ÿ˜‚

      Delete
  15. wah kirain yg memilih warna merah, kuning, ijo emang beneran si agung.
    Eh tapi saya artikel ini unik lho, antara serius terus nyanyi2.. trus nyanyi lagi.
    Kalau seandainya pink, ungu, biru... warnanya terlalu dekat deh, apalagi ungu ama pink, sodara kandung aja mereka ni.
    Dan khawatirnya nih, tu warna kan unyu2, takutnya ada yg ngantongin lampu lalu lintasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha...ha... Bener juga mbk, kan berabe jadinya kalau sampai lalu lintasnya di kantongin. ๐Ÿ˜‚
      Nggak kepikiran saya, untung penemunya bukan saya.

      Delete
  16. Si kuning jadi penyempurna bangjo alias lampu merah
    tapi jaman sekarang yang ada,
    lampu kuning = ngebut
    lampu merah = terobos
    duh gusti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman sekarang emang serba aneh ya mas, yang dilarang malah dilanggar lho....padahal udah jelas bahaya.

      Tepok jidat deh....

      Delete
  17. membaca hal yang berkaitan dengan sejarah biasanya bikin kita bosan, tapi kalau ditulis dengan gaya bahasa yang ringan jadi nggak bosan, terimakasih sejarah dan inspirasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama๐Ÿ˜Š.... Sejarah emang kadang jikin bosan ya, saya kadang juga ngerasa gitu lho. Tapi lama-lama jadi suka, kayak jelajah ke masa lalu.
      Wkwk....

      Delete
  18. ngomongin lampu lalu lintas jadi inget aku sering banget nerobos lampu merah :D, apalagi pas pulang kerja dan sepi, dan bener banget sih, kadang kalo abis pulang kerja sering mencium aroma makanan kayak bakso, mie ayam, soto, dll, jadi makin laper kan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk... Sejujurnya saya pun juga pernah, karena ngikutin depannya sih, jadinya penerobosan secara masal.
      (Jangan dicontoh ini....)

      Delete
  19. Ternyata panjang sekali sejarah lampu lalu lintas. Untungnya udh ada lampu kuningnya kalau belum gimana ya,....bisa sering terjadi kecelakaan pastinya.
    Trimakasih mbak Astria udh sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu puluhan tahun sampai bisa kayak sekarang mas, sampai korban nyawa juga. Jadi harus kita hargai dengan belajar taat berlalu lintas.
      Siap laksanakan๐Ÿ‘ฎ

      Delete
  20. wah dah lama juga yah sejarah lampu lalu lintas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama banget itu, saya, eh, kita belum lahir pastinya.

      Delete
  21. Karena lampu inilah saya pernah beberapa kali kena tilang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, senasib donk mas, saya udah 3 kali malah.
      Wkwk..๐Ÿ˜‚
      Bukannya nggak mau taat sih, tapi emang belum sempet bikin sim. Jadinya sampai sekarang saya jarang main ke kota karena hal itu, kalau kerja pasti lewat gang-gang gitu
      (Sungguh jangan ditiru)

      Delete
  22. Whuuaaaaaa ...
    Lalu kapan yak kira-kira traffic light dinegara kita dibuat tampilan antimainstream , kaaak ๐Ÿ˜ ?

    Kan lucuk tuh ada gambar lagi bobok, lagi pipiz deelel ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kapan ya mas, trus warnanya ganti pink, ungu, sama biru aja (masih teguh sama pendirian๐Ÿ˜)
      Kalau antimainstream gitu kan siapa tahu juga anti pelanggaran

      Delete
  23. trafik link unik, di indonesia sepertinya belum ada ya, masih polos warna saja. sejarahnya ternyata cukup panjang juga. Tambah ilmu deh. Taat lalu lintas itu penting, merah berhenti, kuning hati hati atau persiapan dan hijau, biarkan aku jalan dihatimu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaha...ha....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      Hijau oh hijau bisa jadi lambang cinta juga ya, nggak melulu merah.

      Kenapa di indonesia warna traffic light nya masih polos, mungkin karena hati para penduduknya juga masih polos
      Hi...hi....

      Delete
  24. Terima kasih untuk lampu kuning, pak polisi jadi nggak perlu ngos-ngosan niup peluit.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

16 fakta unik kecoa yang jarang kamu ketahui