10 fakta unik keindahan kupu-kupu

10 fakta unik keindahan kupu-kupu

Via.pixabay

Cantik, begitu kata yang tepat saat teringat kupu-kupu. Binatang dengan sayapnya yang indah ini seringkali membuat saya berkata wow, sambil buka mulut saking kagumnya. Walaupun saya takut pake banget sama bentuknya sebelum jadi kupu, saya tetep menyukai si kupu ini. Apalagi kalau jumlahnya banyak, saya bisa kegirangan banget.

Nggak cuma saya pasti sobat semua juga mengakui keindahan kupu-kupu ini kan. Kecuali sobat punya fobia sama kupu.

Indah dan rapuh, begitu juga gambaran kupu-kupu, ia memberi kita banyak pelajaran.

Bahwa hidup harus berjuang untuk bisa jadi indah dan mengaggumkan, bahwa tak ada yang namanya kesempurnaan, walau sehebat apapun kamu, seindah apapun kupu-kupu, kamu tetap punya kekurangan, ia sangat rapuh...

(Wah... Tumben saya agak beneran ya๐Ÿ˜ƒ...., biasanya juga bener sih. Cuman yang ini... Bener banget๐Ÿ‘.)

Puk jidat dong....
Eh, puk tangan๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Sampai lupa mau bahas fakta uniknya kupu-kupu, eh nggak lah...
Ya udah, langsung aja. Monggo dibaca dan selamat belajar๐Ÿ˜Š

1. JUMLAH YANG LUAR BIASA

Via.pixabay

Kupu-kupu merupakan serangga yang masuk dalam ordo lepidoptera, berasal dari kata "lepidos" yang berarti timbangan dan "pteron yang berarti sayap.
Ada sekitar 20.000 jenis kupu-kupu di dunia, (banyak banget kan sob)
Yang semuanya tersebar di berbagai belahan bumi. Di Indonesia sendiri ada sekitar 2500 kupu-kupu, kita harus bangga karena sebagian besar jenis kupu-kupu langka juga ada di Indonesia, seperti Ornithoptera chimaera dari Papua dan Trogonoptera brookian yang ditemukan di Kalimantan, Sumatra dan Semenanjung malaya...
Bisa dibilang Indonesia termasuk surganya pecinta kupu-kupu.

2. SETELAH LAHIR NGAPAIN?

Via.pixabay

Pasti pernah kan lihat vidio kupu-kupu yang baru keluar dari kepompongnya lalu terbang dengan gerakan indah dan memukau.
Padahal sebenarnya, ketika seekor kupu baru keluar dari kepompongnya ia tidak akan bisa langsung terbang. Hal pertama yang harus dilakukan si kupu adalah mengecek apakah mulut alias belalainya berfungsi dengan baik untuk menghisap makananya. Selain itu kupu-kupu juga harus segera memompa cairan ke vena sayapnya agar bisa mengembang, tak sampai disitu, butuh waktu yang cukup lama sampai berjam-jam supaya tubuh dan sayapnya cukup kuat dan keras untuk bisa dibawa terbang.

3. HANYA MAKAN YANG CAIR

Via.pexels

Mulut kupu-kupu berbentuk seperti belalai yang tergulung di bawah dagunya atau disebut dengan proboscis, fungsi dari belalai ini untuk menghisap makananya. Karena ternyata kupu-kupu nggak bisa makan makanan padat, seperti dedaunan, rata-rata kupu dewasa
hanya akan menghisap nektar. Tapi kupu-kupu jantan biasanya punya kebiasaan melakukan puddling, yaitu menghisap butiran lumpur yang mengandung mineral dan garam. Mineral tersebut akan diberikan pada si betina saat kawin untuk kesehatan telur-telurnya nanti.
Tapi lagi, ada juga kupu-kupu yang nggak suka sama makanan manis sejenis nektar. Kupu-kupu seperti red admiral malah lebih suka makan buah busuk dan kotoran hewan....

Baca juga :  Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

Baca juga : 15 fakta unik televisi yang jarang diketahui orang

4. SAYAPNYA TRANSPARAN LHO

Via.pixabay

Yang paling indah dari kupu-kupu adalah warna sayapnya yang warna-warni dan motifnya yang keren banget. Tapi warna sayap kupu yang asli adalah transparan lho. Sayap kupu terbentuk dari lapisan chitin yang dipenuhi oleh sisik-sisik halus yang akan memantulkan warna yang berbeda jika terkena cahaya. Semakin tua kupu makan lapisan chitin ini akan semakin terlihat.
Warna kupu yang berbeda juga digunakan serangga ini utuk bersembunyi atau berkamuflase dari predatornya, biasanya warna sayap kupu akan menyerupai lingkungan sekitarnya, atau malah berwarna sangat mencolok, karena para predator berpikir warna mencolok adalah warna binatang beracun.

Yang bibirnya merah banget, ati...ati... Mukin dia beracun.
Wkwk...
Becanda sob, entar saya di bully lagi sawa wanita sekampung.

5. KAKU KALAU KEDINGINAN

Via.pexels

13° C adalah batas bagi kupu-kupu untuk beraktivitas, jika kupu-kupu memaksa terbang pada suhu di bawah 13°C maka sayap dan tubuhnya tidak akan bisa digerakkan, mereka tidak akan bisa kabur jika ada predator mendekat. Pada suhu seperti itu kupu-kupu harus melakukan pemanasan pada tubuhnya dan menunggu suhu kembali normal untuk bisa terbang lagi. Itu sebabnya juga kupu-kupu bisa berada di seluruh belahan dunia kecuali benua antartika ya dingginya nggak bisa bikin panas.

Eh.... Mulai lagi dia (nggak jelasnya)

6. TERBESAR DAN TERKECIL

Via.pixabay

Hidup memang harus adil ya, kalau ada yang besar ada juga yang kecil. Intinya, kupu-kupu pun juga ada yang berukuran paling besar juga paling kecil. Kupu-kupu paling besar tercatat memiliki lebar sayap hingga 25 cm yaitu kupu-kupu queen alexandra's birdwing atau ornithoptera alexandrae.

Lihat kupu-kupu ini pasti berasa lihat makhluk dunia peri ya....๐Ÿ˜ฒ

Sementara kupu-kupu paling imut, unyu, alias paling kecil hanya berukuran sekitar 1,2 -2 cm, yaitu kupu-kupu western pygmy blue.

Uluh... uluh... Ecil banget kan, bikin emes pengen mites jadinya...๐Ÿ˜˜
Eh...eh.... Kejam nian pikiranmu

Wkwk....✌

7. LIDAH DI KAKI

Via.pixabay

Tak ada lidah untuk merasakan manisnya nektar kupu-kupu justru menggunakan kakinya untuk mencicipi makanan. Kaki kupu-kupu ini merupakan reseptor yang memiliki banyak fungsi, selain untuk mencicipi makanannya juga untuk mengecek tempat paling cocok untuk bertelur dan membantu penyerbukan bunga.

Kamu, iya kamu๐Ÿ˜
Jangan sekali-kali meniru kebiasan kupu-kupu ini ya. Cicipin makanan pakai kaki, yang ada, di tendang kakinya emak ntar๐Ÿ˜‚

8. MATANYA ITU LOW

Via.pixabay

Mata kupu-kupu bisa melihat banyak warna seperti mata kita lho, bahkan mata kupu-kupu memilikit 6  sisi lensa mikroskopis yang bisa digunakan untuk melihat ke segala arah, tapi sayangnya penglihatan kupu-kupu terbatas hanya sampai 3-4 meter lebih jauh dari itu semua akan kelihatan buram.

Baca juga : Si tikus dan 13 fakta uniknya

Baca juga : Uniknya 12 fakta bintang laut ini

9. KESEMPURNAAN METAMORFOSIS

Via.pixabay

 Kupu-kupu adalah salah satu serangga yang mengalamai metamorfosis sempurna dan mengaggumkan, luar biasa pokoknya. Mulai dari fase telur, ulat, kepompong, kupu-kupu, dan kembali dari awal lagi. Dari yang bikin orang merinding jijik, sampai terpesona.
Melewati fase-fase tersebut juga tidak mudah, bahkan pada fase ulat, mereka harus berganti kulit beberapa kali, juga pada fase kepompong yang harus puasa selama berada di dalam kepompongnya.
Inilah pelajaran yang bisa kita petik.

Menjadi hebat itu perlu perjuangan.

So hard
Not easy
But amazing๐Ÿ˜Œ

Weleh...weleh bahasamu mbak..

10. UMUR YANG SINGKAT

Via.pexels

Sayang banget dengan bentuknya yang indah saat menjadi kupu, serangga untuk hanya memiliki umur yang sebentar. Sekitar 2-4 minggu doang. Bahkan ada yang cuma beberapa hari. Dalam masa kehidupan yang singkat kupu-kupu itu kupu-kupu hanya aka mencari makan dan bertelur sebanyak mungkin, setelah itu mereka akan mati..
Hua...๐Ÿ˜ญ
Tapi ada juga kupu-kupu yang bisa hidup sampai berbulan-bulan seperti kupu-kupu monarchs atau mourning cloaks.



Seneng nggak sih bisa lebih kenal sama si kupu, saya seneng banget. Kadang keindahan memang lebih baik cuma untuk dilihat tanpa bisa disentuh.
Uh... Nyelekit lagi๐Ÿ˜–
Huft...
Nggak bisa pelihara kupu nggak papa deh yang penting saya masih punya kupu yang paling spesial.
Iya kupu...
Kupunya kalian yag setia mampir kesini.
Baca celotehan ganjil dari si empunya๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

See you....

Comments

  1. Menarikkk bangeet mbaak bacaa fakta unik kupu". Banyak banget yg saya baru tau wkwkwk nice sharing mbak, btw blognya kecee unik banget ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga banyak yang baru tahu lho mbak he...he...๐Ÿ˜
      Ternyata mempelajari hal-hal semacam ini nyenengin banget.
      Makasih atas kunjungan dan pujiannya๐Ÿ˜Š

      Delete
  2. Baca artikel ini jadi inget sama Taman Kupu-kuou di Bali, bisa lihat mereka beterbangan di sekitar kita. Kupu-kupu memang super cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Pasti asyik banget ya mas bisa lihat kupu-kupu dalam jumlah besar. Saya juga pernah sih tapi kupu dari pohon jati jadi warnanya nggak terlalu beragam

      Delete
  3. ilmu alam menginspirasi belajar pada kupu-kupu, seperti hidup sebelum menjadi sesuatu yang indah warnanya dan bisa terbang, berjuang proses kepompong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, jangan mau kalah sama kupu-kupu yang mau berjuang untuk menjadi lebih baik lagi๐Ÿ’ช

      Delete
  4. Ohhh baru tahu penglihatan kupu-kupu itu terbatas sepanjang3-4 meter saja ya, karena selebihnya dia nampak buram. Btw berrti kita harus bangga ya karena jadi WNI yang tinggal di negara dengan kupu-kupunya yang langka sekaligus semoga tetap terjaga ya alamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kita patut bangga sama segala kekayaan negeri ini. Selalu bersyukur dan berusaha menjaga apa yang sudah ada...๐Ÿ˜

      Delete
  5. wahhhh... kupu-kupunya indah cuy!

    ReplyDelete
  6. sekarang suak susah cari kupu2 gak kayak waktu aku kecil di halaman rumah saja bisa banyak kupu2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sekarang jarang ada kupu-kupu, kecuali kalau pergi ke hutan atau bunga di depan rumah lagi mekar

      Delete
  7. kak, aku baru tau ada upu2 yang transparan,, kayanya cantik banget ya pastinya huhu.. jadi pengen mainan kupu2 tapi di daerah rumahku udah jarang keliatan kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang bangey ya kupu-kupu nggak bisa dipelihara, cuma bisa dikejar nggak boleh ditangkep...
      Dan sekarang keberadaanya emang cuma di tempat-tempat yang masih alami, banyak bunga dan pohonnya gitu

      Delete
  8. setelah lahir ngapain? menarik sekali. Kirain, setelah terbebas dari kempong langsung terbang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak kirain juga gitu ternyata salau besar ya
      Wkwk...

      Delete
  9. Kupu" yg lucu kemana engkau terbang hilir mudik mencari bunga" yg kembang berarak" dilangit luas.. Tidakkah sayapmu merasa lelah... Teringat lagu jmn lawas ttg kupu2 ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya mbk. Dulu paling seneng nyanyi lagu itu apalagi pas jamannya masih sd.
      Trus tangannya ikut melambai-lambai gitu
      Wkwk๐Ÿ˜‚

      Delete
  10. Saya kira beneran mbak kupu-kupu abis keluar dari kepompong bergeliat terus terbang, lho. Jadi tercerahkan deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenyata eh ternyata....
      Selama ini kita ketipu.
      Eh nggak ding, cuman nggak cari tahu aja makannya nggak ngeh beneran

      Delete
  11. Matanya juga kaya matanya lalat, bikin takut aja hehe.
    geliii aja gitu ya liatnya :D

    Padahal, cantik juga kalau dipandang-pandang :D

    Meskipun juga menakutkan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk....kalau dari deket emang agak serem mbk, emang yang bikin indah itu kan sayapnya.
      Sayapnya luarbiasa cantik saat terbang....๐Ÿ˜Š

      Delete
  12. Wahhh ak pernah banget menyanksikan perubahan menjadi kupu kupunya... di tv..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah mas, lewat vidio klip lagu.
      Jadi inget juga karena kepo, saya dulu pernah ngambil kepompong trus disimpen di dalam kotak niatnya biar bisa lihat langsung pas jadi kupu. Tapi malah membusuk.
      Wkwk...
      Anak kecil....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  13. Suka sama kupu2 cantik sekali dipandang dibanding binatang terbang kecil yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dibanding lalat, dibanding capung, dibanding kumbang...
      Apalagi dibanding tomcat
      Hiii... Ngeri๐Ÿ˜–

      Delete
  14. Prosesnya lama dan panjang tapi waktu indahnya hanya sebentar. :(
    Kupu2 setidaknya hidup memberi indah yah.. Eaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea...ea... Ea.
      Hadirmu yang singkat namun begitu bermakna.
      Kayak seseorang gitu๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Delete
  15. Ternyata di balik keindahan sayapnya,kupu-kupu menyimpan banyak keunikkan juga ya,

    ReplyDelete
  16. Manusia perlu belajar dari metamorfosis kupu-kupu. Yang awalnya di pandang jelek jadi mengagumkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar nggak harus ke sekolah, belajar dari alam pun juga bisa, kayak kupu-kupu ini

      Delete
  17. ada fuga kupu kupu yang transparant? baru tahu aku.... keren.

    ditempatku banyak juga jenis kupu kupunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempatku gunung, tapi jarang ya, ada palingan di hutan...

      Delete
  18. Keren kak artikelnya..
    mampir ke blog ku yaa
    https://panduansatpam.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi