13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

Via.pixabay

Kesehatan itu penting! Kalau tidak sehat, mana bisa menikmati hidup. Di zaman yang semakin modern ini, banyak orang mulai tidak peduli dengan kesehatan mereka. Pekerjaan dan aktivitas yang padat jadi pemicu utama orang malas berolahraga. Tidak hanya berolahraga, pola hidup juga jadi berantakan. Makan seenaknya, tanpa mencari tahu dulu apa kandungan makanan itu. Ini bukan hal sepele lho sobat, meskipun dunia kedokteran semakin canggih, banyak obat-obat yang bisa dibeli dengan mudah, tapi kesehatan tetap harus diutamakan.
Memang tidak gampang merubah kebiasaan yang sudah lama kita lakukan, terlebih kebiasaan buruk. Nah, saya juga termasuk orang yang agak malas mengurus kesehatan saya. Karena itu artikel ini saya persembahkan untuk sobat semua dan juga saya pribadi.
Ada beberapa hal yang harus sobat tahu soal kesehatan, dan ini jarang diketahui orang-orang, termasuk saya.
Jadi, mari kita belajar bersama ya sobat-sobat.

1. Sikat gigi 2 kali sehari untuk senyum sehat. Bukan iklan lho sobat, sikat gigi selain bertujuan untuk merawat mulut ternyata secara tidak langsung juga membantu merawat jantung. Apa hubungannya ya gigi dengan jantung? Ketika kita menyikat gigi kita juga ikut membersihkan bakteri yang menyebabkan pembekuan dalam aliran darah. Nah, untuk yang malas sikat gigi ingat jatungmu.

2. Bagi sobat yang sering merasa lemas dan lesu, berjalan kaki adalah cara simple yang bisa mengembalikan energi. Berjalan kaki sedikitnya 10 menit dapat meningkatkan energi tubuh selama 2 jam, hal ini karena ketika berjalan oksigen akan dipompa melalui pembuluh darah ke otak dan otot. Atau kalau sobat punya banyak waktu, bisa jalan-jalan di taman (siapa tahu ketemu jodoh)

3.  Kabar baik untuk yang suka membaca. Kebiasan membaca ini ternyata selain bikin pintar dan tambah wawasan juga dapat melindungi otak dari penyakit seperti alzheimer, mengurangi stess dan mendorong pikiran positif tentunya.

4. Mendengarkan musik itu memang dapat meringankan tingkat stress. Tapi tahukah sobat  mendengarkan musik melalui headphone selama satu jam dapat memicu perkembangan bakteri di telinga sampai 700 kali lipat.

5. Jeruk yang kaya akan vitamin C, tidak disarankan untuk penderita maag. Karena kandungan vitamin C pada jeruk ini dapat meningkatkan kadar asam lambung yang berarti memperparah penyakit maag sobat.

6. Begadang sudah terbukti buruk untuk kesehatan, meskipun begitu masih banyak orang yang tidak memperhatikan hal sepele tapi penting ini. Padahal orang akan lebih mudah meninggal karena kurang tidur daripada kelaparan. Orang akan meninggal beberapa minggu karena kelaparan, sementara tidak tidur hanya memerlukan waktu 10 hari.

7. Manusia memang memerlukan oksigen untuk bernafas, tapi manusia akan lebih cepat mati karena keracunan CO2 daripada kekurangan oksigen.

8. Kentut.... semua orang pasti benci dengan bau kentut. Kalau ada aroma kentut, semua mata akan saling lirik untuk cari pelakunya.
Tapi si kentut ini keluar membawa manfaat lho sobat. Kentut baik untuk kesehatan karena dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Jadi kentut jangan ditahan. (Jangan sering-sering juga).
Dan kalau ada yang tanya, "siapa yang kentut?" Langsung angkat tangan dan bilang, "lagi jaga kesehatan nih, biar nggak darah tinggi"
(Kayaknya yang darah tinggi yang jadi korban baunya, hi... hi...)

9. Mulai sekarang pilihlah toilet yang paling dekat dengan pintu ketika pergi ke toilet umum. Kenapa? Karena berdasarkan penelitian, toilet yang berada paling dekat dengan pintu masuk mempunyai tingkat bakteri yang lebih rendah dari toilet lainnya. Penyebabnya karena orang-orang cenderung memilih toilet paling jauh saat masuk. (Mungkin orangnya sekalian olahraga)

10. Siapa yang punya alergi? Alergi ternyata dapat dihindari dengan cara yang sangat mudah. Yakni dengan membasuh area sekitar lubang hidung dengan air garam.

11. Yang suka minuman bersoda, dikurangi ya sobat. Apalagi yang dalam program diet. Soda akan meningkatkan kadar insulin 20 menit setelah masuk mulut. Hati kemudian mengubahnya menjadi lemak (dan lemak mengubah sobat jadi gendut)

12. Mendongakkan kepala saat mimisan itu tidak benar. Kepala yang terangkat malah akan menyebabkan darah mengalir ke tenggorokan, ini bisa mengakibatkan sobat tersedak dan muntah. Selain itu darah mimisan juga bisa mengiritasi lambung. Yang seharusnya dilakukan saat mimisan justru mencondongkan badan ke depan sambil menunduk sampai darah berhenti.

13. Berdasarkan penelitian di Convert university
Menguyah permen karet ternyata dapat meningkatkan kinerja otak sampai 35%. Selain itu menguyah permen karet juga membantu membersihkan gigi dan bagi yang punya pipi tembem, permen karet bisa jadi solusi kamu untuk meniruskan pipi.

Nah, itu dia beberapa fakta kesehatan yang jarang diketahui orang. Semoga artikel ini membantu ya, salam kesehatan....

See you...

Comments

  1. 14. Fakta terbaru ditemukan, tanggalan di kalender menentukan tebal tipisnya dompet seseorang. Ketika tanggal 1 atau awal bulan, ukuran dompet menjadi tebal, tapi menjelang akhir bulan, ukuran dompet kembali menipis, bahkan lebih tipis dari peci hitam pak haji, wkwkwk...

    Makasih infonya loh, sangat bermanfaat. Berarti kalo kita keseringan gosok gigi, bakterinya musnah total ya, muehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tipis dari peci hitam pak haji Wkwk... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚Bener banget mas, akhir bulan dompet dehidrasi prah, apa-apa jadi serba hemat dan pelit. Uang 2000 sangat berarti, lumayam buat bayar parkir.

      Asal jangan 1 jam sekali gosok giginya yang ada entar giginya ikut musnah...
      Gawat kan...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi