Followers

2018/02/07

15 fakta unik dan manfaat si sambal

15 fakta unik dan manfaat si sambal


Via.pixabay

Yups, sambel... Hemmm...
Saha eta yang suka makan sambal, sopo kui seng mangan sambel sak cowek.

Ha... Ha...  Ngomong apaan sih.
Maaf yak sob kalau nggak paham. Topik kali ini soal sambal, kenapa? Karena saya suka banget, banget sama si pedes ini. Ibaratnya hidup tanpa sambal bagai taman tak berbunga, ceileh... Lebay...

Tapi, serius, saya penggila sambel, ngebayangin bau dan rasanya aja udah bikin baper, pasti ada kan diantara sobat semua yang kayak saya. (Ada banget)

Sayangnya sekarang ini saya harus kurangin makan sambel karena sering bikin sakit perut, alias mag kambuh😔

Tapi saya tetaplah pecinta sambal sejati. Yey...

Karena itu saya persembahkan artikel ini untuk saya dan para pecinta sambel.
Yee.. Lagi
Jomm... jom...

1.  Buat sobat yang suka meler hidungnya alias flu, hasyi... Hashi kemana-mana, nyebar virus. kayaknya nggak perlu repot-repot minum obat terus deh. Coba dulu makan yang pedes-pedes. Lho kenapa?
Soalnya, makanan pedas bisa membantu membuka jalan nafas, (plong gitu) dan mengurangi gejala sinusitis, zat capsaicin dalam cabai bagus juga untuk kamu yang lagi plu, eh flu.

Via. pixabay

2. Yang ini cewek-cewek pasti lebih tahu, kalau sambal bisa bantu badan cepet kurus. Rasa panas yang dihasilkan cabai membantu tubuh berkeringat dan membakar kalori. Selain itu zat capsaicin dalam cabai memiliki efek termogenik, yaitu yang membuat tubuh membakar kalori selama 20 menit setelah makan. Jadi sambil makan sambil olahraga, enak kan. Nggak perlu fitnes ngabisin uang, makan aja cabai sepuasnya. Eits, nggak ding.... Ntar sakit perut, trus saya di salahin. Jangan dong

3. Si cabai ternyata juga bisa membantu sobat yang susah tidur lho. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Australia (jauh banget). Bahwa katanye nih orang yang suka makan pedas akan lebih mudah tidur dan bangun dengan kondisi yang segar bugar di pagi hari.

Baca juga : Wow, ini 17 fakta unik mimpi yang menakjubkan

4. Tapi, meski bisa membantu masalah susah tidur, bagi beberapa orang yang sensitif terhadap makanan pedas. Mereka justru akan mengalami mimpi buruk, mimpi serem, mimpi hantu, mimpiin mantan (ha..ha.. ). Kalau nggak percaya silahkan tanya sama pak Tora nielsen di Kanada. (Siapa lagi tuh?) he..he... Penelitinya lah. Jadi jangan sampe iseng kasih sambal banyak-banyak ke makanan temen ya sob, kan kasihan entar kalau dia nggak bisa tidur. Dosa... (Biasanya ulah anak-anak nakal nih) saya mah, anak baik-baik.

5. yang ini info terbaru, sobat semua harus tahu, kalau ternyata cabai juga bisa membantu pemulihan bekas luka, karena... Vitamin C yang ada dalam cabai, bisa membantu pembentukan kolagen, yang tentunya bagus banget buat kulit. Wow...
Sendainya bisa bikin putih (ngayal)

6. Hua... Kerjaan numpuk, pulsa abis, kos-kosan belum dibayar. Cobaan macam apa lagi ini? Stress dah.
Sambel emang nggak bisa bantu kamu nyelesaiin semua masalah itu. He... He..., tapi rasa pedes dalam sambel bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh kamu yang berarti bisa mengurangi stress akibat masalah-masalah di atas. Karena kepedesan jadi lupa mikirin utang, yang ada di kepala cuma "mana air... Mana air"
Ha... ha....
Just kidding sob, i'm serious (ceileh nginggris😄)

Baca juga : 14 fakta unik stress yang sebenarnya
Baca juga : 9 hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

7. Nggak cuma badan, tapi jantung juga perlu olahraga sob, kalau males ikut senam jantung kalian bisa coba makan nasi goreng, bakmi, atau mi ayam pedas level 10 (pedes banget). Nggak perlu pedes-pedes banget sih, intinya pedas bisa menyehatkan jantung karena  adrenalin yang diciptakan saat kita kepedesan bikin jantung dag dig dug. Kayak orang jatuh cinta aja. Cabai juga bisa mengurangi kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Sampai sekarang pun cabai masih terus diteliti karena manfaatnya yang luar biasa.

Via. Pixabay

8. Siapa yang mau awet muda? Aku...  Aku... (Angkat tangan paling tinggi dan paling banyak, sepuluh jari angkat semua hue..  He...) cabai muda alias cabai ijo yang sering jadi temen makan gorengan terenyata, eh ternyata bisa bikin kamu awet muda lho sob.
Gimana caranya? Bukan buat maskeran lho (ngeri banget bayanginya)
Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam cabai hijau dipercaya bagus untuk kulit dan tubuh, sama halnya dengan teh hijau,  yang pastinya bikin sobat jadi nggak tua-tua. Kayak saya... (Pede, he..he..)

9. Kalau kamu penggila pedas pasti cocok banget dah sama  Blair lazar. Soalnya dia itu adalah pencipta sambal terpedas yang pernah dibuat dan dipasarkan. Sambal ini dibuat pada tahun 2006 lalu dan hanya diproduksi sebanyak 999 botol saja, limited edition banget kan, dan... Pedesnya itu luar biasa karena mengandung sebanyak 16 miliar senyawa capsaicin murni. Woh, sekali makan, pedesnya gak bakal ilang 7 hari 7 melem kali yak...
Ngilanginnya harus mandi pakai kembang 7 rupa (plak... Ngayal melulu.😸)

Baca juga : Ini nih, 8 fakta luar biasa lautan

Via. Pixabay

10. Di atas tadi kan udah disebutin ya sob, kalau cabai bisa mengurangi gejala flu pada manusia. Dan ternyata burung pun juga jadi nggak gampang flu kalau makan cabai, mereka juga lebih sehat karena cabai memberi efek hangat. selain itu cabai juga bisa digunakan untuk memperindah bulu burung.

10. Ada sambal terpedas ada juga cabai terpedas, tapi yang ini saya nyerah duluan deh, nggak mau makan cabai ini walaupun udah dijadiin sambel.
Lho kenapa?
Soalnya saking pedasnya cabai ini, sampai dijadiin serbuk bahan isian granat di India. Serem kan, nggak cuma kepedesan, tapi juga bikin lidah meledak.
Oh... No...
Karena itu para polisi menggunakan bubuk cabai ini sebagai bahan gas airmata untuk meredakan rusuh ketika ada demo.
Sampai lupa, nama cabai terpedas ini adalah BHUT JOLOKIA
(Jadi punya ide, kalau ada temen yang ngomongnya pedes banget, panggil aja bhut, bhut, bhut jolokia)

Via. Pixabay

11. Ketahuilah para sobat, kalau kamu lagi kepanasan, cara terbaik untuk menurunkan suhu tubuh adalah dengan makan yang pedes-pedes. Bukan malah beli es 3 gelas, dinginnya cuma sesaat doang.
Wassalam.

12. Pernah nggak sih habis makan yang ada sambalnya pakai tangan trus tangan jadi ikut panas, saya sering banget nih. Nggak tahu ini bahasa indonesianya apa kalau di Jawa sih, di tempat saya orang-orang bilangnya "wedangen" ha..ha...
Nah, cara untuk menghilangkan rasa panas ini adalah dengan menggunakan beras. Bisa dicoba dengan menggosok tangan di dalam beras

Baca juga : Deteksi kebohongan dengan 10 cara simple ini

13. Begitu luar biasanya si sambal ini, sampai bisa manjangin umur lho. Berdasarkan sebuah penelitian di China, orang yang makan sambal hampir tiap hari bisa menurunkan risiko kematian sebanyak 14℅. Hal ini karena sambal bisa mencegah beberapa penyakit seperti kanker, jantung dan stroke.
Amazing....

14. Uang sama cabai, kira-kira ada hubungannya nggak sih?
Ada loh.
Kalau cabai mahal, uang jadi sering kurang. (Walah, bukan itu.)

Zaman dulu suku maya, inca dan Aztec katanya pernah menggunakan cabai sebagai mata uang. (Haduh, kalau cabainya busuk gimana?)
Aya-aya wae..  Unik juga sih.

15. Ada cabai yang namanya lucu nih, banana pepper. Kenapa di sebut begitu. Soalanya bentuk dan warna cabai ini persis kayak banana. Eh, bentar, pada tahu artinya banana nggak? Kebangetan kalau nggak tahu. Ha...ha..  Itu lo, picang, eh pisang.


Nah, tuh, sekilas biografi si sambal. Ha...ha...  Jadi makin cinta sama sambal. Tapi, ingat ya sob, meskipun banyak manfaatnya tetep nggak boleh berlebihan makannya. Bukannya dapat manfaatnya yang ada malah dapat ruginya, kan segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik (ceramah colongan)
Kecuali berlebihan nongkrong ke blog saya ini hue..  He... (Iklan colongan)
Eits lupa, satu lagi, kayaknya saya kebanyakan ketawa di artikel ini, atau emang dari dulu udah gitu dan baru nyadar. Intinya, maaf ya sob kalau mengganggu🙏

Oke...
See you.... Sob...